Hosting Unlimited Indonesia
News Update :

Peserta Tes CPNS Harus Berwawasan Kebangsaan

31 October 2013

Jakarta (Antara) - Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo mengatakan peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pelamar umum harus berwawasan kebangsaan sehingga dapat menjawab soal dengan baik dan benar.
"Calon PNS harus memahami wawasan kebangsaan," ujar Eko Prasojo yang juga Guru Besar Fisip UI dalam keterangan yang diperoleh di Jakarta, Jumat, mengenai pelaksanaan tes kemampuan dasar bagi CPNS pelamar umum yang akan diselenggarakan pada 3 November 2013.
Sebanyak 339 instansi terdiri atas 69 kementerian dan lembaga pemerintah, 23 pemerintah daerah tingkat provinsi, dan 237 pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota, membuka lowongan kerja sebanyak 65.000 formasi. Dari 65.000 formasi yang terbuka itu, sebanyak 40.000 lowongan kerja untuk formasi di pemerintah daerah dan 25.000 untuk pemerintah pusat.
Eko Prasojo mengatakan soal tes kemampuan dasar untuk pelamar umum menggunakan sistem Lembar Jawab Komputer (LJK) tidak sama.
Soal, katanya, terdiri atas tiga kelompok yakni soal wawasan kebangsaan, inteligensia umum, dan karakteristik pribadi.
"Untuk wawasan kebangsaan, kami harap peserta dapat belajar lebih intensif lagi agar hasilnya lebih bagus," ujarnya.
Selain itu, menurut Eko, dengan belajar wawasan kebangsaan maka pengetahuan tentang empat pilar yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan RI akan lebih dipahami.
"Dari pengalaman tahun lalu banyak peserta tes kemampuan dasar yang wawasan kebangsaannya tidak lolos dari passing grade. Mungkin hal itu terjadi karena para peserta tes kurang intensif dalam mempelajari materi empat pilar, tetapi lebih konsen pada materi lain," katanya.(rr) Sumber : Yahoo Indonesia

Kami berdoa agar semua peserta tes cpns 2013 bersiap-siap secara spiritual, mental dan fisik dalam menghadapi tes dan semoga yang terbaik Anda dapatkan. Dan jika sudah jadi PNS tolong mengabdilah dengan benar untuk rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jangan KORUPSI !
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

Berikan komentar yang positif tidak mengandung sara, pornografi dan tidak menjelekkan produk atau merk lain. Masukan yang positif akan kami hargai demi kelangsungan media informasi lowongan kerja bumn terbaru ini. Kami doakan semoga anda mendapatkan pekerjaan yang anda cari.
Salam : Admin

 

© Copyright ::Lowongan Kerja Terbaru:: 2010 -2014 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.